Home / Techno / Whatsapp, Instagram dan Facebook Eror, Tagar #WhatsappDown Trending di Twitter

Whatsapp, Instagram dan Facebook Eror, Tagar #WhatsappDown Trending di Twitter

Media sosial WhatsApp, Instagram dan Facebook mengalami kendala alias down secara bersamaan, hari ini, Minggu (14/4/2019) sore. Berbeda dengan media sosial Twitter yang masih bisa dengan lancar diakses. Lancarnya penggunaan Twitter digunakan oleh pengguna WhatsApp, Instagram dan Facebook untuk mengeluh.

Tanda pagar (tagar) #WhatsappDown , #InstagramDown dan #FacebookDown pun trending di Twitter. Ketiga jejaring sosial yang milikFacebook telah mengalami masalah sejak pukul 11 ​​pagi. Situs web downdetector.co.uk sebuah situs yang melaporkan keluhan pengguna jejaring sosial menerima banyak komplain di seantero Inggris dan Eropa.

Saat Instagram, WhatsApp, Facebook down, Twitter dilaporkan tetap stabil. Ratusan netizen mengklik Twitter untuk melaporkan masalah ini. Netizen yang coba mengaksesFacebook,Instagrammendapati kenyataandengan tulisan"tidak dapat dihubungi".

Akibatnya, orang tidak dapat juga mengaksesFacebookMessenger di PC atau laptop. Seorang pengguna berkata: " Instagram,Facebook, danWhatsAppsedangdown. Terima kasih Zuckerburg, layanan hebat ." Yang kedua menyumbang: "Facebook, kami memiliki masalah."

Downdector.co.uk telah menerima lebih dari 100 keluhan sejak 11:00 pada hari Minggu. Tidak jelas pada tahap ini apa masalahnya. Mirror melansir, selain Inggris dan EropaMasalah ini juga tampaknya telah melanda negara negara lain dengan pengguna di Maroko, Ukraina, Filipina dan Yunani juga mengeluh.

Termasuk Indonesia tentunya. Hingga berita ini ditulis, belum ada klarifikasi dariWhatsApp,Instagram, danFacebookmengenai hal ini. Setelah layanan Gmail,InstagramdanFacebook, giliran aplikasiWhatsAppyang mengalami gangguan ataudown, Kamis (14/3/2019) dini hari.

Layanan chat terpopuler tersebut dikeluhkan penggunanya tidak dapat digunakan sebagaimana biasanya. Dilansir dari Kompas.com , masalah yang banyak dilaporkan adalah pengguna tidak dapat mengirim foto/dokumen dan pesan suara. KompasTekno mencoba menjajal semua fitur diWhatsApp, Kamis pukul 09.00, juga mendapati keluhan serupa.

Meski demikian, fitur lain, seperti mengirim pesan teks, menelepon, dan video call, tetap normal. Tidak semua pengguna mendapati gangguan tersebut. Sejumlah pengguna melaporkan bisa mengirim foto atau dokumen dengan lancar. Menurut situs DownDetector , gangguan diWhatsAppdirasakan sejumlah negara, termasuk Indonesia.

DownDetector mencatat bahwa Indonesia, Malaysia, Singapura, serta beberapa wilayah di Amerika Selatan mengalami gangguan yang paling parah. Sebelumnya,FacebookdanInstagramdilaporkan mengalami gangguan secara global. Pengguna melaporkan bahwa mereka sama sekali tidak bisa menggunakan ketiga platform itu.

Gangguan ini terjadi pada Kamis (14/3/2019) dini hari waktu Indonesia atau pukul 13.00 waktu AS. Facebook danInstagramerror ini masih terjadi dan dikeluhkan sejumlah pengguna hingga berita diturunkan. Melalui akun Twitternya,Facebooksendiri belum menjelaskan penyebab gangguan, tetapi mereka mengonfirmasikan bahwa gangguan ini bukan disebabkan oleh adanya serangan DDoS.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah untuk mengakses kumpulan aplikasi milikFacebook. Kami sedang bekerja untuk mengatasi masalah ini secepat mungkin," tulisFacebook. "Kami fokus untuk mengatasi masalah ini dengan cepat, tapi kami bisa memastikan bahwa gangguan ini tidak disebabkan oleh adanya serangan DDoS," lanjut mereka. Akun media sosial Instagram pun menuliskan adanya masalah di layanan mereka dan berjanji mengatasinya secepat mungkin.

Layanan email dari raksasaGoogleyakniGmail, mengalamidownserver pada Rabu (13/3/2019). Merangkum dari berbagai sumber pada hari yang sama,Gmailmengalami down server. Bahkan dari pihakGooglesendiri mengkonfirmasi dua layanan besutannya,Gmaildan Drive sempat bermasalah.

Kondisi ini berimbas pada pengguna sejumlah negara dari seluruh dunia yang menggunakan layanan email gratis dariGoogletersebut. Google memastikan masalah tersebut sudah bisa diatasi, raksasa internet teresebut juga meminta maaf pada para pengguna karena masalah ini. Perusahaan yang dipimpin oleh Sundar Pichai tersebut juga menyebut pihaknya akan terus melakukan peningkatan agar sistem lebih baik.

Namun sangat disayangkan,Googletidak mengungkapkan alasannya spesifik apa penyebab utama sehingga membuat sistemnya bermasalah. Diyakini gangguan yang dialami olehGooglepada layananGmaildan Drive nya disebabkan oleh kegagalan sistem pada beberapa lokasi server. Diketahui, masalah yang dialami penggunaGmailadalah kesulitan melampirkan atau mengakses file.

Selain itu, pengguna juga tidak dapat mengakses dan menyimpan email draft, termasuk mengirim email. Sementara untuk Drive, masalah yang ditemukan pengguna adalah kesulitan saat menggunggah atau mengunduh file. Karenannya, penggunaGmailharap bersabar hinggaGooglememberikan keterangan lebih lanjut.

Dalam kasus tersebut, Indonesia menjadi negara yang terkenan dampak dua layanan yang bermasalah tersebut. Tak cuma di Indonesia saja, seperti yang diketahui kerusakan tersebut juga melanda negara lain seperti Australia dan Selandia Baru juga tak dapat mengaksesGmaildanGoogleDrive. Lewat laporan akun yang sering melaporkan kerusakan situs wes yakni Report Outage mengungkapkan masalah tersebut muncul sejak pukul 10.00 WIB.

Dalam akaun twitternya, Report Outtage juga memperlihatkan beberapa negara lain yang dapat mengaksesGmaildanGoogleDrive. Diketahui negara seperti Amerika Serikat, Turki, dan beberapa negara di Eropa Barat tidak terkena masalah saat mengaksesGmaildanGoogleDrive pada waktu itu. Namun, saat berita ini diturunkanGmaildanGoogleDrive sudah bisa kembali diakses oleh pengguna khususnya di Indonesia.

Tanggal 14 Maret 2019 atau satu bulan yang lalu,WhatsApp,Facebook,Instagramjuga mengalami hal yang sama;downaliasSulitDiakses Kelumpuhan tersebut dilaporkan terjadi diseluruh dunia sejak Rabu (13/03/2019) malam. Warganet ramai ramai merespon gangguan ini. Tagar #facebookdown dan #instagramdown bahkan jadi trending topicdiTwitter.

Gangguan pada dua situs jejaring tersebut terjadi pada beberapa fungsi. PenggunaFacebooktak bisa mengunggah foto atau membuat status baru. Sementara penggunaInstagramtak bisa menggunggah gambar baru, membuka halaman profil, hingga tak bisa mengunggah InstaStory.

Apa penyebab gangguan dan kelumpuhanInstagramdanFacebook? Hingga Kamis dinihari belum ada jawaban pasti. Facebook dalam unggahannya di Twitter hanya menuliskan pihaknya sedang berupaya menyelesaikan masalah tersebut sesegera mungkin. "Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah dalam mengakses kumpulan aplikasiFacebook. Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin," cuit akunFacebookpada unggahan Twitter.

"Kami fokus pada upaya untuk menyelesaikan masalah secepat mungkin, tetapi dapat mengonfirmasi bahwa masalah tersebut tidak terkait dengan serangan DDoS," tulisFacebook.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Pengguna Domain my.id Naik Tajam di Oktober 2019

Tren masyarakat menggunakan nama domain dengan ekstensi .id cenderung naik cukup tajam. Satu bulan setelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *