Home / Techno / Tutorial Cara Cek IMEI di Semua Merek HP & Situs imei.kemenperin.go.id

Tutorial Cara Cek IMEI di Semua Merek HP & Situs imei.kemenperin.go.id

Simak tutorial cara mengecek nomor IMEI di semua merek HP dan situs imei.kemenperin.go.id. Pemerintah resmi akan melakukan pemblokiran terhadap ponsel black market (BM) melalui identifikasi nomor IMEI. Pemblokiran HP ilegal alias BM akan berlaku mulai 18 April 2020.

Artinya, bila per 18 April 2020, HP mu sama sekali tidak bisa digunakan alias hang, artinya ponselmu kena blokir oleh pemerintah. Mekanisme pemblokiran HP ilegal menggunakan deretan nomor Internasional Mobile Equipment Identity (IMEI) sebagai acuan. IMEI yang tidak terdaftar pada mesin identifikasi milik Kementerian Perindustrian akan diblokir oleh operator seluler.

Sehingga ponsel tidak akan mendapatkan jaringan seluler dari seluruh operator telekomunikasi di Indonesia alias tidak dapat dipakai untuk berkomunikasi. Anda dapat mengecek apakah IMEI di ponselnya, terdaftar atau tidak lewat mesin identifikasi milik Kemenperin. Bila terdaftar, selamat, ponselmu masih bisa dipakai alias HP mu asli, resmi!

Bila tidak, artinya ponselmu ilegal alias BM, siap siap saja diblokir dan berakhir jadi barang rongsokan. Cara cek IMEI di ponsel dan link situs Kemenperin bisa kamu akses di akhir berita. Namun, ada satu hal yang patut diketahui para pengguna.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail mengatakan regulasi ini berlaku untuk ke depannya. Menurutnya, perangkat yang sudah aktif sebelum masa berlaku mulai 18 April 2020 akan tetap dapat tersambung ke jaringan bergerak seluler sampai perangkat tersebut tidak ingin digunakan lagi atau telah rusak tidak diperlukan registrasi individual. Sehingga, bagi masyarakat yang saat ini perangkatnya sudah aktif meski tidak terdaftar di Kemenperin, tidak perlu resah.

"Pemerintah mengimbau masyarakat untuk membeli perangkat handphone, komputer genggam, dan komputer tablet (HKT) yang legal." IMEI adalah kode unik yang terdiri dari 15 digit/angka yang dimiliki oleh tiap transceiver perangkat telepon seluler. Nomor identitas setiap dikeluarkan GSM Association untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan produsen ponsel.

Perangkat ponsel yang memiliki dua kartu SIM dengan 2 transceiver memiliki dua nomor IMEI yang berbeda. IMEI digunakan oleh jaringan GSM untuk mengidentifikasi perangkat telekomunikasi yang mencoba tersambung dengan jaringan tersebut. IMEI lantas didaftarkan ke Kemenperin saat ponsel hendak dijual di Indonesia dan dikumpulkan di database.

Nah, database inilah yang menjadi patokan apakan IMEI ponsel kita terdaftar atau tidak. Ada berbagai cara mengecek IMEI di ponsel bahkan tanpa perlu membuka HP. Cara ini dapat digunakan untuk semua jenis dan merek ponsel.

Cara mudah cek IMEI di ponsel, ketik *#06# pada ponsel. Cara ini dapat digunakan untuk semua jenis dan merek ponsel. Termasuk iPhone, Vivo, Xiaomi, Samsung, Oppo, Nokia, dan lainnya.

Caranya, Anda hanya perlu masuk ke menu dialer HP. Kemudian, ketikkan *#06# lalu tekan tombol call atau panggil. Untuk ponsel Xiaomi Redmi Note 7, setelah mengetik *#06# nomor IMEI akan muncul tanpa menekan ombol call atau panggil.

Lalu, secara otomatis, informasi mengenai nomor IMEI ponselmu akan muncul. Cara kedua yang bisa dipakai lewat menu Setting yang ada di setiap ponsel. Buka menu Setting pada ponsel.

Lalu pilih Tentang Telepon atau About Phone (Beberapa merk lain, terlebih dahulu harus masuk ke System > About Phone). Sementara pada ponsel Xiaomi Redmi Note 7, setelah masuk ke Tentang Telepon lalu pilih Keseluruhan Spesifikasi. Untuk mengetahui IMEI di HP, pilih Status yang memuat info nomor telepon, sinyal, termasuk IMEI.

Di Status, lantas muncul nomor IMEI yang bisa kamu cek. Setelah mengetahui IMEI ponsel, kamu bisa langsung mengecek apakah nomor IMEI itu terdaftar di Kemenperin atau tidak. Berikut cara mengecek IMEI ponsel di situs imei.kemenperin.go.id:

Kemenperin telah mempersiapkan situs untuk keperluan pengecekan status IMEI. Anda bisa langsung masuk ke situs imei.kemenperin.go.id atau klik link di bawah ini. Masukkan nomor IMEI ke dalam kolom yang telah tersedia, lalu klik tanda Search.

Bila ponselmu asli alias resmi, maka muncul tulisan IMEI terdaftar di database Kemenperin. Begitu juga sebaliknya. Selamat mencoba.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Ini Rekomendasi 5 Game Online Seru buat Temani Anda di Rumah Mudah Bosan saat Physical Distancing

Pemerintah telah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menerapkan physical distancing. Physical distancing merupakan langkah penting …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *