Home / Internasional / Sistem Aplikasi Keselamatan dan Pencegahan Bencana di Jepang akan Tambahkan Bahasa Indonesia

Sistem Aplikasi Keselamatan dan Pencegahan Bencana di Jepang akan Tambahkan Bahasa Indonesia

Untuk meningkatkan penyebaran informasi pada saat bencana dan juga bagi peningkatan jumlah wisatawan asing, Badan Pariwisata Jepang akan meningkatkan fungsi fungsi aplikasi turisnya dengan meningkatkan bahasa pada smartphone menjadi 14 bahasa tahun ini, termasuk Bahasa Indonesia. Aplikasi pencegahan bencana yang disebut "Tips Keselamatan" yang dioperasikan oleh Badan Pariwisata Jepang akan semakin diperluas fungsinya, selain penambahan jumlah bahasa yang sekarang hanya Jepang, Inggris, China dan Korea. Di aplikasi, ketika peringatan dini gempa bumi atau peringatan khusus diumumkan, kita akan secara otomatis mendapatkan sinyal dan informasi masuk ke ponsel cerdas.

Ponsel akan berbunyi otomatis misalnya saat gempa bumi muncul dan info juga disalurkan ke ponsel. Juga dapat memeriksa cara mengungsi jika terjadi bencana dan informasi kontak untuk rumah sakit. Selain bahasa Indonesia, juga bahasa Spanyol, Vietnam, Thailand, Khmer, Burma dan Mongolia ke dalam aplikasi tersebut.

"Kita ingin memberikan informasi pencegahan bencana dengan menggunakan berbagai media seperti aplikasi dan SMS sehingga wisatawan asing dapat menikmati perjalanan dengan aman," kata Akira Takano, Direktur Kantor Keselamatan Badan Pariwisata Jepang untuk Pelanggan Asing. Demikian pula berita terbaru disajikan NHK juga akan dapat dinikmati pada aplikasi tersebut. Pelayanan 24 jam dari badan pariwisata call center apabila terjadi bencana alam di Jepang juga dilakukan.

Aplikasi ini dimulai sejak 29 Maret 2019 dan mulai sekarang akan diperluas bahasa asing yang dipakai di dalamnya. Informasi mengenai Jepang dapat dilihat di www.jepang.com.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Promosi Pariwisata Bali di TV Jepang: Para Artis Kaget Biaya Kirim Kursi Rotan ke Jepang Rp 14 Juta

Ongkos kirim kursi rotan dari Bali ke Jepang hingga mencapai angka belasan juta rupiah membuat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *