Home / Bisnis / Yuk Simak Kriteria Rumah Kontrakan Keluarga yang Bisa Disewakan
Banyak Rumah Kontrakan Keluarga, Inilah Tips agar Tepat dalam Memilihnya!
Banyak Rumah Kontrakan Keluarga, Inilah Tips agar Tepat dalam Memilihnya!

Yuk Simak Kriteria Rumah Kontrakan Keluarga yang Bisa Disewakan

Rumah merupakan tempat berlindung dan tempat melakukan aktivitas sehari-hari. Karena digunakan setiap hari, maka rumah tersebut akan dibuat senyaman mungkin. Setiap orang pastinya ingin memiliki rumah sendiri yang di desain sesuai keinginan.

Akan tetapi, bagi beberapa keluarga yang belum mampu membeli atau membuat rumah sendiri, rumah kontrakan yang memadai untuk ditinggali. Apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah. Mereka biasanya ingin merintis perlahan-lahan sampai memiliki uang yang cukup untuk membeli rumah dan tinggal sementara di kontrakan.

Anda dapat menyediakan kontrakan tersebut berupa rumah yang dikontrakan. Jika rumah dikontrakan untuk orang lain, maka rumah tersebut harus memiliki kriteria yang tepat dan sesuai. Hal tersebut harus dipertimbangkan agar para penyewa tetap dapat tinggal dengan nyaman walaupun di rumah kontrakan. Berikut beberapa kriteria yang perlu diperhatikan oleh Anda yang ingin mengontrakan sebuah rumah.

Sistem Pembayaran Perbulan

Hal pertama yang harus Anda persiapkan ialah sistem pembayarannya sebisa mungkin periodenya per 1 bulan. Jangka waktu tersebut merupakan jangka waktu yang ideal untuk pembayaran sewa kontrakan. Walaupun, adapula sebagian kontrakan yang bisa dibayar setahun sekali. Namun, hal tersebut biasanya lebih rawan.

Pembayaran perbulan bisa lebih menekankan kepada penyewa untuk berusaha membayar tepat waktu perbulannya karena durasi waktunya cukup sebentar. Namun, jika setahun sekali kemungkinan penyewa akan lebih santai bahkan cenderung melupakan. Banyak terjadi kasus para penyewa rumah kontrakan keluarga yang tidak membayar akibat terlalu santai dalam waktu 1 tahun tersebut.

Lokasi Rumah Dekat dengan Mesjid

Biasanya, calon penyewa rumah kontrakan akan lebih memilih kontrakan yang lokasinya berdekatan dengan mesjid. Jika Anda membangun rumah kontrakan, maka pastikan hal tersebut dijadikan kriteria. Dengan begitu, rumah tersebut bisa lebih diminati oleh para calon penyewa karena lokasinya dekat dengan mesjid.

Rumah dikontrakan untuk orang lain juga harus mempertimbangkan hal ini. Jika Anda memiliki rumah kosong yang akan dikontrakan namun jauh dengan mesjid, maka calon penyewa tidak akan begitu antusias. Antusiasme para calon penyewa juga bukan tanpa alasan. Banyak hal yang membuat mereka lebih suka kontrakan yang dekat dengan mesjid.

Misalnya, saat ingin beribadah mereka tidak harus menempuh jarak yang jauh untuk pergi ke mesjid. Selain itu, rumah yang dekat dengan mesjid biasanya lebih teras hangat, tenang dan nyaman. Hal itu dikarenakan suara adzan yang indah atau karena lantunan ayat suci Al-qur’an yang dibacakan di mesjid dapat membuat orang disekitarnya merasa tenang.

Tidak Jauh dari Jalan Raya

Selain dekat dengan mesjid, rumah kontrakan yang dekat dengan jalan raya biasanya lebih diminati. Mereka tidak akan merasa kesepian dan juga lebih mudah menjangkau kebutuhan sehari-hari dari toko yang biasanya berada di jalan raya. Toko di jalan raya biasanya menyediakan kebutuhan yang lebih lengkap.

Rumah kontrakan keluarga yang dekat dengan keramaian biasanya akan lebih diminati karena saat bepergian mereka akan lebih mudah. Jika lokasinya berada di perkampungan yang jauh kemanapun rasanya mereka akan lebih jenuh dan sulit untuk memenuhi kebutuhan. Jadi, hal yang satu ini harus Anda pertimbangkan agar rumah kontrakan lebih diminati.

Meteran Listrik dan Air Untuk Sendiri

Berikutnya, jika rumah dikontrakan maka sebaiknya memiliki listrik dan air yang tidak digunakan oleh beberapa rumah. Meteran listrik serta sumber air lebih baik disediakan untuk bisa digunakan per satu rumah saja. Jika satu meteran listrik untuk lebih dari 1 kontrakan, hal tersebut biasanya akan membuat tidak nyaman.

Pemakaiannya akan saling menunggu atau berebutan. Apalagi jika kondisi air atau listrik tersebut terbatas. Nah, hal ini perlu Anda persiapkan dengan matang. Idealnya pastikan Anda menyiapkan rumah kontrakan yang pembayarannya sekali bayar sudah sepaket dengan air serta listrik. Listrik dan air tersebut juga sebisa mungkin sumbernya di rumah itu sendiri dan bukan di rumah pemilik kontrakan.

Lingkungan yang Baik

Jika rumah dikontrakan untuk orang lain, maka rumah tersebut usahakan berada di tengah lingkungan yang baik. Bagi sebagian orang yang sangat selektif, lingkungan akan menjadi prioritas bagi tempat tinggal yang akan ditempati. Banyak pula hal yang terjadi akibat ketidaknyamanan dengan lingkungan sekitarnya.

Selain itu, lingkungan yang berisi orang yang kurang baik seperti preman, berandalan, apalagi dekat dengan daerah rawan maling sebaiknya jangan Anda gunakan. Anda sendiri pasti tidak akan merasa nyaman tinggal berlama-lama di daerah tersebut. Jadi, pastikan hal tersebut bisa Anda hindari untuk perjalanan para penyewa.

Keadaan Alam Mendukung

Lokasi rumah kontrakan keluarga yang akan Anda dewakan harus berada di tempat yang bersahabat dengan alam. Misalnya tidak rawan banjir, airnya bersih, atau tidak dekat dengan hutan dimana banyak hewan buas yang bisa berkeliaran. Hal tersebut biasanya kurang diminati oleh para calon penyewa.

Hal-hal tersebut harus Anda perhatikan karena Anda sendiri dapat mengalami kerugian jika hal tersebut terjadi. Contohnya, jika banjir sering terjadi maka kondisi rumah kontrakan akan cepat rusak sehingga harus sering diperbaiki. Anda sendirilah yang harus memperbaiki kerusakan tersebut. Kenyamanan penghuninya juga otomatis akan terganggu.

Demikianlah beberapa kriteria rumah yang akan dikontrakan. Intinya, rumah kontrakan keluarga dibuat untuk memberi penghasilan pada pemiliknya dan memberi kenyamanan untuk penyewanya. Jadi, beberapa kriteria diatas harus Anda perhatikan agar tujuan tersebut dapat terwujud. Jangan lupa untuk memastikan kondisi rumah tersebut layak dihuni oleh orang lain. Semoga bermanfaat.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Wings Air Tunda Sementara Penerbangan Internasional menuju Kuching Tangkal Covid-19

Wings Air tunda sementara layanan penerbangan internasional dengan rute Pontianak ke Kuching (Malaysia). Corporate Communications …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *