Home / Bisnis / Penunjang Wisata Hutan Digital Belitung BCA Luncurkan Aplikasi Peramun Hill Virtual Guide

Penunjang Wisata Hutan Digital Belitung BCA Luncurkan Aplikasi Peramun Hill Virtual Guide

Pulau Belitung dikenal dengan pesona dan keindahan alamnya, berbagai destinasi wisata pun ditawarkan kepada para wisatawan yang gemar melancong. Di pulau ini, terdapat salah satu destinasi wisata menarik yang tidak hanya menawarkan keindahan panorama alamnya saja, namun memiliki konsep kekinian menyesuaikan perkembangan di era disrupsi digital. Lokasi wisata itu adalah Bukit Peramun yang terletak di kecamatan Tanjung Pandan dan masuk dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) Desa Binaan PT Bank Central Asia (BCA).

Pada momen perayaan usia BCA ke 63 tahun ini, bank tersebut telah memperkenalkan secara resmi lokasi wisata instagramable itu. Untuk menunjang sisi menarik dari lokasi wisata ini di era revolusi industri 4.0, BCA dan Pengurus Bukit Peramun akhirnya meluncurkan aplikasi Peramun Hill Virtual Guide. Melalui aplikasi ini, tentunya akan mempermudah pengunjung saat menikmati berbagai keindahan di Bukit Peramun.

Dalam acara peluncuran aplikasi itu, Wakil Presiden Direktur BCA Armand W Hartono mengakui bahwa disrupsi digital telah merambah ke berbagai sektor, termasuk pariwisata. Terlebih saat ini industri pariwisata didominasi wisatawan milenial yang serba berorientasi pada teknologi. "Aplikasi ini menjawab tren masyarakat zaman now, khususnya generasi milenial dan Gen Z dengan gaya hidup yang serba digital," ujar Armand, dalam acara yang digelar di Bukit Peramun, Belitung, Jumat (28/2020).

Menurutnya, aplikasi Peramun Hill akan membuat para wisatawan seolah memiliki private guide, karena Bukit Peramun seperti dalam 'genggaman'. Karena panduan mengenai informasi terkait bukit itu bisa diperoleh secara digital yakni melalui smartphone saja. Ia pun menegaskan, aplikasi itu merupakan satu rangkaian fasilitas wisata yang ditawarkan secara lengkap oleh para pengurus Bukit Peramun dan menunjukkan keseriusan BCA dalam mengembangkan desa binaan ini.

Tentunya dengan adanya Bukit Peramun serta aplikasi pendukungnya, diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di tanah air. "Peluncuran aplikasi ini merupakan partisipasi nyata BCA dalam fungsi tanggung jawab sosial untuk mengembangkan Bukit Peramun sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian dan meningkatkan daya tarik pariwisata Indonesia," tegas Armand. Perlu diketahui, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi Peramun Hill ini, para pengguna dapat secara mudah mengunduhnya di Google Play Store.

Aplikasi itu pun menghadirkan berbagai fitur yang akan menunjukkan bagaimana keindahan flora saat para wisatawan tengah mengeksplorasi Bukit Peramun. Dalam acara tersebut, dilakukan pula peluncuran terhadap sejumlah aplikasi penunjang seperti Virtual Zoo, Kenali Pohon (KEPO), Spot Foto Virtual, serta Online Maps Navigation. Armand menjelaskan bahwa pendampingan untuk desa binaan satu ini telah dilakukan sejak 2018 lalu.

"BCA mulai melakukan pendampingan Desa Binaan Bukit Peramun sejak 2018. Sebagai langkah awal, kami memfasilitasi beberapa pelatihan, seperti Layanan Prima, Standar Layanan, Creative Selling Skill, dan Golden Heart Leadership," kata Armand. Pihaknya juga memberikan donasi untuk pengembangan rumah ibadah seperti mushola, lalu ada pula digital information system, tugu atau prasasti, serta pembangunan aula atau balai untuk masyarakat Belitung. Hal ini dilakukan untuk menunjang sarana dan prasarana lokasi wisata itu agar kelak bisa menjadi denyut perekonomian warga setempat.

"Keseluruhan bentuk dukungan tersebut, baik secara materil dan non materiil diberikan untuk mendukung knowledge dan skill pengurus desa binaan Bukit Peramun agar semakin bertambah, sehingga mendukung kepercayaan diri mereka ketika melayani para pengunjung," pungkas Armand. Selain dihadiri Armand, dalam acara tersebut turut hadir pula Wakil Bupati Belitung Ishak Meirobie, Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati. Kemudian Kepala Kantor Wilayah VI BCA Widy Tarmizi, Executive Vice President Corporate Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn, Kepala KCU BCA Tanjung Pandan Rustam, serta Ketua Komunitas Arsel Adie Darmawan.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Wings Air Tunda Sementara Penerbangan Internasional menuju Kuching Tangkal Covid-19

Wings Air tunda sementara layanan penerbangan internasional dengan rute Pontianak ke Kuching (Malaysia). Corporate Communications …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *