Home / Sport / Mulai Johann Zarco hingga Saudara Marc Marquez Daftar Calon Pengganti Jorge Lorenzo di Repsol Honda

Mulai Johann Zarco hingga Saudara Marc Marquez Daftar Calon Pengganti Jorge Lorenzo di Repsol Honda

Pembalap Repsol Honda Jorge Lorenzo resmi mengumumkan pensiun dari MotoGP pada jumpa pers MotoGP Valencia, Kamis (14/11/2019) malam. MotoGP Valencia 2019 di Sirkuit Ricardo Tormo akhir pekan ini akan menjadi balapan terakhir Jorge Lorenzo sebagai pembalap profesional. Dengan begitu, tim Repsol Honda akan bersiap mencari pengganti Jorge Lorenzo untuk kejuaraan dunia MotoGP musim depan.

Sejumlah nama pembalap mencuat, mulai dari Johann Zarco, Cal Crutchlow, hingga saudara Marc Marquez, Alex Marquez. Johan Zarco musim ini merupakan pembalap LCR Honda yang menempati peringkat 16 klasemen sementara MotoGP 2019. Sejauh ini, pembalap asal Perancis tersebut baru mengemas 30 poin disaat MotoGP 2019 menyisakan satu serie yakni Valencia, Sirkuit Ricaro Tormo.

Dilansir dari situs resmi MotoGP, Johan Zarco pernah meraih dua gelar juara dunia Moto2 secara beruntun, yakni tahun 2015 dan 2016. Musim selanjutnya, Johan Zarco ke level MotoGp bergabung dengan Yamaha. Saat berada di tim Yamaha, Zarco pernah meraih pole position di Belanda, catatan waktu tercepat di Qatar, dan finis di urutan terdepan di MotoGP Perancis.

Rekan satu tim Johan Zarco, Cal Crutchlow termasuk dalam daftar calon pengganti Jorge Lorenzo untuk mendampingi Marquez musim depan. Pembalap Inggris yang telah bergabung dengan Honda sejak 2015 itu saat ini menempati peringkat 9 klasemen sementara MotoGP 2019 dengan raihan 133 poin. Tahun 2018 merupakan capaian terbaik Crutchlow bersama Honda karena berhasil finis diperingkat 7 dengan koleksi 148 poin. Musim itu, Crutchlow masing masing satu kali mencicipi finis di peringkat satu, dua dan tiga.

Namun tak menutup kemungkinan capaian tersebut akan dipatahkannya setelah seri terakhir MotoGP musim ini di Valencia. Cal telah memenangkan dua seri dengan finis di peringkat dua, dan satu kali sebagai runner up. Jika mampu finis di urutan terdepan pada MotoGP Valencia, maka Cal akan melampaui catatan pribadi pada musim sebelumnya.

Alex Marquez merupakan saudara kandung Marc Marquez yang berkompetisi di seri Moto2. Musim ini, Alex Marquez berhasil menyabet gelar juara dunia Moto2 setelah finis di poisi dua seri Malaysia Sirkuit Sepang. Capaian Alex Marquez tidak terkejar oleh Brad Bindar disaat menyisakan satu seri balapan.

Musim ini, Alex Marquez melewati dua seri balapan Moto2 yakni Belanda dan Inggris. Namun ia dapat menebus dengan finis diurutan pertama dalam lima seri beruntun, Perancis, Italia, Spanyol, Jerman dan Rep Ceko. Kira kira pembalap mana yang cocok mendampingi Marc Marquez untuk musim depan ?

Karir sebagai pembalap MotoGP Jorge Lorenzo akan usai setelah dirinya memutuskan pensiun pada MotoGP Valencia 2019 akhir pekan ini. Juara dunia lima kali itu (MotoGP 3 kali dan Moto2 2 kali) membagikan sebuah cerita menarik saat dirinya menjadi seorang pembalap. Menurutnya, ada empat hari penting bagi setiap pembalap ketika mengikuti kejuaraan dunia atau ajang balapan profesional.

"Saya selalu berfikir bahwa ada empat hari penting bagi pembalap," ucap Jorge Lorenzo dikutip dari "Yang pertama adalah balapan pertama Anda. "Yang kedua kemenangan pertama anda, dan kemudian kejuaraan dunia pertama Anda. Tidak semua orang bisa memenangkan kejuaraan dunia tetapi sebagian kecil dari kita yang berhasil.

"Dan kemudian hari Anda pensiun," lanjut pembalap yang identik dengan nomer 99 itu. "Seperti yang Anda bayangkan, saya di sini untuk mengumumkan masa pensiun di MotoGP. "Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP. Dan setelah balapan ini (MotoGP Valencia 2019) saya akan pensiun sebagai pembalap profesional," tutur Lorenzo menjelaskan.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta akan mengumumkan Jorge Lorenzo sebagai satu Legenda MotoGP dunia. Pembalap yang mampu bersaing diantara pembalap terbaik dunia dengan mencatatkan sejarah. "Ini adalah hari yang sangat istimewa. Jorge adalah juara dunia lima kali, bersaing di antara beberapa pembalap terbaik dalam sejarah.

"Setelah saya mendengar keputusan Jorge, kami berbicara dengan FIM dan saya senang mengatakannya bahwa Lorenzo akan dijadikan Legenda MotoGP selama Kejuaraan Spanyol berikutnya di Jerez," ucap Ezpeleta.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Ribuan Pelari Akan Memeriahkan Ajang Lari ‘Indonesia Night Run 2019’

Ribuan pelari akan memeriahkan ajang lari Indonesia Night Run 2019. Ajang lari yang mengambil "Light …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *