Home / Sport / Menilik Sosok Rival Impian Sekaligus Favorit Valentino Rossi di MotoGP

Menilik Sosok Rival Impian Sekaligus Favorit Valentino Rossi di MotoGP

Valentino Rossi memulai karir balap motor sejak tahun 1996 atau 24 tahun lalu, yang membuatnya banyak memiliki rival di atas sirkuit. Sebelum naik ke kelas premier pada tahun 2000, Valentino Rossi setidaknya punya enam kompetitor berat yakni Noby Ueda, Tomomi Manako, Tetsuya Harada, dan Tohru Ukawa dari Jepang, serta Jorge Martinez (Spanyol) dan rekan senegaranya, Loris Capirossi. Saat sudah berada di kelas utama, Rossi memulai catatan sejarah rivalitasnya dengan Kenny Roberts Jr (Amerika Serikat/AS).

Setelahnya, persaingan tersohor pembalap berjulukan The Doctor itu terjadi dengan sang kompatriot, Max Biaggi. Memasuki tahun 2003, Rossi mendapat lawan baru yaitu Sete Gibernau (Spanyol), disusul Marco Melandri (Italia), dan mendiang Nicky Hayden (AS) yang sukses memutus kesuksesannya meraih gelar juara dunia pada tahun 2006. Setahun kemudian, rival Rossi bertambah satu menyusul kejutan dari Casey Stoner (Australia) yang membela tim Ducati.

Di luar dugaan, Stoner dan Ducati mampu menjuarai MotoGP 2007. Rossi yang "belum habis" lantas balas meraih titel kampiun dunia MotoGP pada tahun 2008 dan 2009. Pada saat itu, kompetitor Rossi juga hadir dari rekan setimnya, Jorge Lorenzo (Spanyol).

Selanjutnya, musuh utama Rossi bergeser ke Marc Marquez (Spanyol), yang ironisnya mengidolakan dia sejak kecil. Meski memiliki sederet rival sepanjang berkarier, Valentino Rossi rupanya memiliki musuh impian tersendiri. Menariknya, lawan yang diharapkan Rossi itu justru berada di luar eranya.

"Lawan favorit saya? Saya ingin melakukan balapan melawan Kevin Schwantz," ucap Rossi kepada Sky Sport Italia, dilansir BolaSport.com dari Crash . Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, berbincang dengan legenda MotoGP asal Amerika Serikat, Kevin Schwantz. "Saat masih anak anak, saya menyaksikan era keemasan dari kejuaraan dunia kelas 500cc, dengan semua pembalap AS dan Australia, dan dia (Schwantz) selalu menjadi pembalap favorit saya."

"Akan sangat menyenangkan jika bisa membalap melawan Schwants dengan motor Suzukinya dan saya dengan motor Yamaha di kelas 500!" kata Rossi lagi. Sejarah mencatat, Valentino Rossi tidak pernah mengendarai motor 2 tak produksi Yamaha selama membela tim pabrikan asal Jepang tersebut. Sementara itu, Kevin Schwantz (AS) merupakan salah satu legenda di kelas 500cc dengan motor 2 tak dari Suzuki.

Selama berkarier, Schwantz memenangi 25 balapan pada rentang tahun 1988 1995. Rival legendaris Wayne Rainey itu juga sukses menjadi juara dunia kelas 500cc pada tahun 1993.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Andrea Iannone Kena Hukuman Jadi Bahan Pertanyaan Max Biaggi

Eks pembalapMotoGPasal Italia,Max Biaggi, turut mempertanyakan hukuman larangan membalap 18 bulan yang diterima olehAndrea Iannone. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *