Home / Kesehatan / Mengumpat hingga Bergosip, Ini 9 Kebiasan yang Ternyata Baik untuk Kesehatan

Mengumpat hingga Bergosip, Ini 9 Kebiasan yang Ternyata Baik untuk Kesehatan

Secara tidak sadar, kita pernah melakukan kegiatan yang menurut kita tidak ada efeknya terhadap tubuh. Namun, beberapa kebiasaan yang secara tidak sadar tersebut justru baik terhadap kesehatan tubuh dan mental kita. Di antaranya adalah mandi sehari hanya sekali.

Ternyata, mandi terlalu sering atau mandi menggunakan air panas dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit yang kering selain dapat merusak penampilan, juga dapat menimbulkan rasa gatal. Tentunya kita tidak menginginkan menggaruk kulit yang gatal, apalagi jika sedang di depan umum ataupun saat rapat.

Mengunyah permen karet saat membaca memiliki banyak efek positif pada tubuh kita. Diantaranya adalah meningkatkan memori, kewaspadaan, perhatian, dan pengambilan keputusan. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2003 mengunggapkan, mereka yang mengunyah permen karet selama tes dilakukan 24 persen lebih baik pada tes memori jangka penden dan 36 persen lebih baik pada tes memori jangka panjang.

Studi lainnya juga membuktikan, mengunyah permen karet juga dapat mengurangi stres. Hal tersebut terjadi karena pada saat mengunyah permen karet, tubuh akan mengurangi hormon kortisol, yang berperan dalam pengembangan reaksi stres. Bermain game ternyata dapat meningkatkan kemampuan untuk belajar dan membuat keputusan.

Efek tersebut sama seperti saat kita sering bermain catur. Video game aksi dengan gambar periferal yang muncul dapat membantu kita untuk mengambil data sensoris dan mengubahnya menjadi pengambilan keputusan terbaik dan reaksi kita menjadi meningkat. Hal tersebut tertuang dalam penelitian berjudul "Action Video Games Help Decision Making" yang dirilis oleh webmd.com pada tahun 2010.

Tak hanya itu, video game real time strategi seperti StarCraft, Warcraft, dan Age of Empires ternyata dapat dengan cepat meningkatkan kemampuan otak kita untuk belajar strategi dan cepat untuk mengambil keputusan. Hal tersebut hanya terjadi di video game dengan permainan yang cepat dan menuntut pemainnya untuk menentukan strategi atau keputusan dengan cepat. Di kehidupan masyarakat, mengumpat memang sebuah kebiasan atau hal yang buruk dan mungkin orang disekitarmu menyarankan untuk menghilangkannya.

Namun, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa mengumpat dapat mengurangi stres dan dapat membantu menghilangkan frustasi. Selain itu, mengumpat juga dapat meningkatkan toleransi rasa sakit menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Sekolah Psikologi Universitas Keele. Mengumpat merupakan pelepasan emosional, namun jika kita menggunakannya secara berlebihan, mengumpat akan menghilangkan keterikatan emosionalnya dan berubah menjadi kebiasaan buruk dan tidak perlu.

Sejak kecil mungkin kita sering mendengar perintah untuk membersihkan ruangan, karena ruangan yang berantakan mencerminkan perilaku buruk dan tidak disiplin. Namun sebenarnya kebiasaan kita yang "berantakan" dapat menunjukkan kreativitas yang tersembunyi dari dalam diri. Sebuah percobaan yang dilakukan oleh Carlson School of Managemen, University of Minnesota yang ditulis oleh Kathleen Vohs dan rekan rekannya.

Percobaan tersebut menempatkan dua kelompok orang yang ditempatkan di ruangan yang rapi dan berantakan. Kemudian kedua kelompok diberitahu untuk menuliskan sebanyak mungkin bola pingpong dan menuliskannya. Hasil menunjukkan bahwa para peserta di ruang berantakan menghasilkan lebih banyak ide kreatif.

Namun, meski berantakan, ruangan atau kamarmu juga harus dibersihkan agar terhindar dari kuman dan bakteri yang justru menimbulkan penyakit. Meskipun bergosip sering dianggap jahat, tapi bergosip dengan teman atau sahabat dapat membuat hubungan menjadi lebih erat. Sebuah penelitian psikologis menunjukkan, bergosip dapat meningkatkan ikatan dengan orang terdekan dan membantu pertemanan dengan mereka.

Selain itu, bergosip juga mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Sebuah kelompok yang bergosip secara tidak sengaja melakukan tukar informasi sosial yang baik, saling menghalangi keegoisan, dan dapat meningkatkan kerjasama. Dalam budaya kita, bersendawa merupakan sesuatu yang tidak sopan, apalagi bila melakukannya saat makan malam dengan keluarga.

Namun bersendawa adalah hal yang normal dari proses pencernaan kita. Bersendawa ternyata membantu untuk menghilangkan gas yang telah berkumpul di dalam perut dan membantu kita untuk menjaga kesehatan lambung. Kita mungkin sering mandi dua kali sehari, saat akan beraktivitas di pagi hari, dan sore hari ketika selesai beraktivitas seharian.

Namun tahukah kamu, kerap mandi, apalagi dengan menggunakan air panas dapat mengeringkan kulit dan dapat menyebabkan keriput muncul. Mandi dapat menyebabkan terhentinya proses peminyakan kulit alami. Minyak di kulit dapat membuat kulit menjadi lembut dan lebih bercahaya.

Mandi dengan menggunakan sabun anti bakteri juga dapat menyebabkan terbunuhnya bakteri baik di kulit yang berfungsi sebagi antibiotik alami. Jika kamu merasa tidak nyaman jika tidak mandi sehari dua kali, maka mandilah dengan air dingin. Mandi dengan air dingin sebenarnya meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kadar asam urat dan meningkatkan kadar glutathione, antioksidan yang membuat semua antioksidan lainnya bekerja secara optimal.

Mandi dengan air dingin juga menurunkan tekanan darah, membersihkan arteri yang tersumbat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mandi dengan air dingin juga dapat mengaktifkan aktivitas pembakaran lemak. Media sosial jika digunakan secara berlebih akan berdampak dengan menurunnya produktivitas.

Namun, jika digunakan dengan bijak, dapat menyebabkan dampak positif pada kehidupan dan kesehatan psikologis. Media sosial membantu kita untuk merasa bebas berekspresi dan lebih terhubung dengan masyarakat luas. Selain itu, media sosial juga dapat mendapatkan dukungan emosional dari teman teman kita, dan dapat memberikan inspirasi terhadap cara pandang hidup kita dengan orang lain.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Produk Kesehatan yang Terbuat dari Ekstrak Teripang Emas Jawaban Atasi Masalah Kesehatan

Tingginya angka penyakit tidak menular yang saat ini mencapai sekitar 70 persen penyebab kematian terbanyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *