Home / Kesehatan / Mengetahui Manfaat Plasenta saat Janin Masih dalam Kandungan Ibunya

Mengetahui Manfaat Plasenta saat Janin Masih dalam Kandungan Ibunya

Ari ari atau plasenta merupakanorgan yang menyediakan oksigen dan nutrisi bagijanin untuk melakukan pertumbuhan dan perkembangan dalam kandungan. Melalui plasenta, nutrisi baik yang ibu konsumsi dapat ditransfer ke bayi, begitu juga dengan nutrisi buruk yang ibu konsumsi juga dapat diterima bayi, seperti alkohol dan obat. Melalui plasenta juga, bayi dapat membuang zat zat buangan yang tidak diperlukan, seperti karbon dioksida, yang kemudian diteruskan ke aliran darah ibu untuk kemudian dibuang oleh sistem dalam tubuh ibu.

Dikutip dari lamanAmerican Pregnancy, ternyata plasenta memiliki manfaat lain bagi janin saat berada dalam rahim ibu, di antaranya: Plasenta atau ari ari kadang disebut juga makanan atau teman bayi dalam kandungan. Hal ini karena plasenta menyediakan makanan bagi janin selama dalam kandungan yang masuk melalui aliran darah ibu.

Ini sebabnya penting bagi ibu hamil untuk menjaga nutrisi selama kehamilan demi perkembangan janin. Antibodi pertama untuk janin adalah plasenta, sehingga plasenta membantu memberikan perlindungan sistem kekebalan tubuh janin di aawal kehidupannya. Selain itu, plasenta melindungi janin dai serangan infeksi yang terjadi pada tubuh ibu selama hamil.

Selama masa kehamilan, plasenta berfungsi sebagai kelenjar untuk melepaskan semua hormon penting yang diperlukan untuk membantu pertumbuhan bayi dan persiapan menyusui. Beberapa hormon yang dilepaskan oleh plasenta, yaitu:human chorionic gonadotropin(hCG), progesteron, estrogen, danhuman lactogen plasenta. Hormon hormon tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan aliran darah, merangsang pertumbuhan rahim dan jaringan payudara, memperkuat lapisan rahim, dan mempercepat metabolisme tubuh ibu.

Hal paling utama dari plasenta adalahbertindak sebagai penyedia oksigen bagi pertumbuhan janin di dalam kandungan. Plasenta seperti paru paru yang mengalirkan oksigen kesemua organ dan jaringan melalui aliran darah. Plasenta mentransfer oksigen yang diperlukan janin ke tali pusatnya untuk dialirkan ke aliran darahjanin.

Jadi saat ibu bernapas, sang janin di dalam perut pun ikut bernapas. Fungsi plasenta yang lainnya padajanin bertindak seperti ginjal, yaitu menyaring darah untuk menghilangkan zat zat berbahaya dan zat buangan yang tidak diperlukan. Contohnyakarbon dioksida, yang kemudian diteruskan ke aliran darah ibu untuk kemudian dibuang oleh sistem dalam tubuh ibu.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Ini Kata Dokter Soal Dampaknya Viral Iklan Jadul Keluarga Makan Mie Instan

Belum lama ini iklan lawas yang menunjukkan sebuah keluarga makanmi instan setiap hari viral kembali. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *