Home / Internasional / Latihan Gabungan Militer Indonesia-Jepang Keempat Kalinya Akan Digelar Tahun Depan

Latihan Gabungan Militer Indonesia-Jepang Keempat Kalinya Akan Digelar Tahun Depan

Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono berharap latihan militer bersama antara Jepang dan Indonesia bisa direalisasikan tahun depan untuk ke 4 kali. Pertemuan bilateral 2+2 juga akan dilakukan di Jepang tahun depan.“Belum dipastikan tanggalnya baik latihan bersama maupun pertemuan 2+2 tersebut,” tekan Menteri Kono lagi. Pertemuan 2+2 merupakan pertemuan antara dua menteri, yaitu Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri dua negara secara bersama sama.

Menteri Kono juga sepakat dengan Menhan Prabowo Subianto untuk melakukan pertukaran dan pengiriman pasukan bela diri Jepang (SDF) ke Indonesia agar semakin akrab persahabatan antara kedua anggota kesatuan masing masing. Terkait dengan situasi regional khususnya Korea Utara, kedua menteri berbagi pandangan tentang pentingnya menerapkan resolusi Dewan Keamanan PBB dan setuju untuk terus bekerja sama. Kedua menteri, tambahnya lagi, juga bertukar pandangan tentang situasi di Laut Cina Selatan dan berbagi keprihatinan serius tentang perubahan sepihak status quo yang dilakukan oleh China.

Ditanyakan rencana ke Indonesia tahun 2020, dia mengatakan, “Wah saya belum tahu ya. Pingin juga sih ke Indonesia.” Di dalam negeri Jepang, Menteri Kono tampaknya berusaha meningkatkan jumlah tentara beladiri Jepang berjenis kelamin perempuan. “Tahun depan akan ada 6 anggota kesatuan kapal selam wanita dan sudah diputuskan,” ujarnya.

Dari penawaran yang ada sebelumnya, sekitar 30 calon telah mengajukan diri untuk ditempatkan di kapal selam militer Jepang. Setelah diseleksi muncul dan terpilih enam prajurit yang akan masuk ke barisan kapal selam Jepang mulai tahun 2020. Prajurit marinir wanita Kapten Miho Otani sejak 2 Desember 2019 lalu resmi terpilih sebagai kapten angkatan laut Aegis pertama Jepang.

“Dia (Kapten Otani) wanita hebat. Dia juga pilot pesawat tempur laut. Kepemimpinan nya juga bagus,” tambahnya. Aegis adalah kapal tempur perusak (destroyer) milik Japan Marine Self Defense Force (JMSDF). Dalam memasukkan wanita ke dalam berbagai kesatuan, Menteri Kono juga mengaku menginspeksi langsung tempat tempat yang bersangkutan untuk keperluan prajurit wanita.

“Misalnya untuk tempat tidurnya bagaimana, tempat mandi shower nya bagaimana dan kelengkapan bagi wanita,” paparnya lagi. Dengan mulai masuknya prajurit wanita ke dalam semua kesatuan di pasukan beladiri Jepang nantinya kesempatan akan semakin banyak bagi wanita di Jepang untun menjadi prajurit di dalam semua pertahanan Jepang baik darat, laut dan udara. Bukan tidak mungkin dapat pula dilakukan kerjasama antara prajurit wanita dua negara Indonesia dan Jepang di masa datang.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Sambaran Petir di India Menewaskan 107 Orang

Sambaran petir diIndia bagian utara dan timur sedikitnya menewaskan107 orang. Peristiwa ini terjadi pada Kamis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *