Home / Otomotif / Kemenperin sudah Dilapori Nissan Stop Produksi Datsun di Pabrik Purwakarta

Kemenperin sudah Dilapori Nissan Stop Produksi Datsun di Pabrik Purwakarta

PT Nissan Motor Indonesia ( NMI) mengakhiri produksi Datsun di Plant 2, Purwakarta, Jawa Barat, mulai Januari 2020. Selepas periode itu, Datsun hanya akan berjualan sisa stok yang tersisa sampai benar benar tutup sama sekali. Informasi ini pertama kali diperoleh dari salah satu vendor komponen yang ikut rapat regional bersama NMI di Jakarta, Rabu (20/11/2019). Informasinya menyebutkan kalau dalam rapat tersebut pihak NMI mengumumkan kepastian penghentian produksi pada Plant 2 yang memproduksi Datsun Go dan Go+.

“Waktu pengumuman, kami semuanya diminta untuk mematikan handphone waktu presentasi. Kemudian disebutkan kalau produksi berhenti Januari 2020,” ucap sumber tersebut. Di dunia otomotif Datsun bukan merek sembarang, tetapi sudah eksis sejak 1931, tapi sempat dihentikan produksinya pada 1986. Nissan kemudian punya ambisi besar untuk menaklukan dunia dengan menghidupkan kembali Datsun pada Juni 2013. Prinsipal memposisikan Datsun sebagai merek yang membidik segmen pembeli mobil pertama, Nissan kelas menengah, dan Infiniti sebagai produk premium.

Namun, angin bisnis tak berhembus sesuai keinginan nahkoda kapal Grup Nissan dan memaksa Datsun tutup usia lebih cepat dari sebelumnya, hanya 6 tahun eksis. Menurut sumber itu, dari presentasi yang disampaikan pihak NMI, mulai Januari 2020, Datsun tetap beroperasi tetapi hanya akan mengandalkan stok yang tersisa saja. Pengumuman penutupan Datsun secara permanen bakal dilakukan 2020 mendatang oleh prinsipal.

“Mereka sekarang hanya akan mengandalkan Livina (rebadge Mitsubishi Xpander) dan pasokan (impor) dari Thailand,” ucap sumber itu lagi. Rencana penutupan pabrik Datsun milik NMI ini sudah dilaporkan secara sementara ke Kementerian Perindustrian sebagai pembina industri. Pihak kemenperin menyatakan, kalau NMI mau mengubah haluan bisnis mereka di Indonesia, bukan sebagai perakit kendaraan tetapi memperdalam industri komponen.

"Nissan akan menghentikan produksi Datsun Go dan Datsun Go+ pada Januari 2020 lantaran skala penjualan dibawah skala ekonomi," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika, Jumat (22/11/2019). Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2018, total penjualan Datsun hanya tercatat 2.388 unit. Jumlah ini jauh jika melihat segmen mobil murah (low cost and green car/LCGC) di mana Datsun mayoritas berjualan, yang pasarnya mencapai 230.443 unit, pada periode yang sama (2018).

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Toyota 5 Continents Drive Rasakan Sensasi Tol Cipali Dari Jakarta Menuju Cirebon

Bagi sebagaian besar masyarakat Jakarta, merasakan kemacetan mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Namun, hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *