Home / Kesehatan / Kembali Dirawat, Ini Perjalanan BJ Habibie Melawan Sakitnya, Sempat Berobat ke Jerman

Kembali Dirawat, Ini Perjalanan BJ Habibie Melawan Sakitnya, Sempat Berobat ke Jerman

Kabar mengejutkan datang dari mantan Presiden RI ke 3, Bachruddin Jusuf Habibie atau kerap disapa BJ Habibie. Rupanya suami Ainun Habibie ini sudah dirawat intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, sejak seminggu lalu, tepatnya Sabtu (7/9/2019). Melalui Sekretaris Pribadi Presiden Republik Indonesia BJ Habibie, Rubijanto mengonfirmasi kabar tersebut.

Rubijanto menjelaskan, saat ini BJ Habibie tidak bisa dikunjungi mengingat harus mendapat perawatan optimal dan agar bisa beristirahat penuh sesuai dengan petunjuk Tim Dokter Kepresidenan di RSPAD Gatot Soebroto. "Sesuai petunjuk TDK bahwa agar beliau mendapat perawatan optimal dan dapat istirahat penuh, maka untuk sementara waktu Bapak Habibie belum diizinkan untuk dikunjungi," kata Rubijanto. Untuk itu, ia juga berterimakasih atas segenap perhatian dan doa dari semua pihak yang telah memohonkan kesembuhan bagi BJ Habibie.

"Kami atas nama keluarga menghaturkan terima kasih yang sebesar besarnya atas perhatian dan doa dari semua pihak, memohon kehadirat Allah SWT agar beliau segera diberikan kesembuhan dan kesehatan agar dapat beraktivitas kembali," kata Rubijanto. Sebelumnya, di tahun 2018, BJ Habibie sempat diterbangkan ke Jerman demi mendapatkan penanganan kesehatan. Melalui Sekretaris Pribadinya, Rubijanto mengungkapkan bahwa BJ Habibie mengalami sesak napas.

"Dengan suara parau beliau menjelaskan bahwa pada awalnya sulit dan sesak bernapas yang terjadi pada Selasa," kata Rubijanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (3/3/2018), mengutip Kompas.com. Setelah mengalami sesak napas itu, Habibie dibawa ke Klinik Starnberg di Muenchen. Tim dokter langsung memeriksa kondisi Habibie. "Diketahui klep jantung termonitor ada kebocoran, seperti yang dialami oleh almarhumah Hasri Ainun Habibie," kata Rubijanto.

Kebocoran klep jantung atau katup jantung merupakan kondisi di mana katup jantung tidak berfungsi dengan baik, tidak menutup dan tidak kembali seperti semula. Berdasarkan laman Mayo Clinic, gangguan ini membuat darah sulit mengalir ke ruangan (bilik jantung) atau pembuluh darah seharusnya. Darah yang seharusnya mengalir ke pembuluh darah bisa berbalik kembali ke dalam jantung.

Akibatnya, jumlah darah yang dialirkan ke tubuh akan berkurang. Akibat kebocoran klep jantung itu, terjadi penumpukan air pada paru paru hingga 1,5 liter, sehingga Habibie terasa sulit bernapas. "Tensi (tekanan darah) meningkat sampai 180 atas," ujarnya.

Pada Jumat (4/3/2018), tim dokter melakukan pemasangan kateter dari mulut. Itu dilakukan untuk mengetahui persisnya kebocoran klep jantung dan untuk menentukan tindakan mana yang lebih tepat untuk ditempuh. Tak hanya di tahun 2018, 2 tahun sebelumnya, tepatnya maret 2016, melalui akun Facebook resmi 'The Habibie Center' menyebutkan bahwa suami Ainun Habibie tersebut kembali dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami infeksi bakteri. (*)

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Bayi Minum Kopi Setiap Hari, Waspada Begini Dampaknya Bagi Kesehatan Buah Hati

Heboh kabar bayi di Sulawesi dicekoki kopi 15 liter per hari. Bayi tersebut sejak usia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *