Home / Kesehatan / Kafein Bisa Buat Usus Besar Alami Kontraksi 4 Alasan Perut Mulas Setelah Minum Kopi

Kafein Bisa Buat Usus Besar Alami Kontraksi 4 Alasan Perut Mulas Setelah Minum Kopi

Beberapa orang sering merasakan mulas setelah minum kopi, kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini. Banyak orang yang mengawali hari dengan meminum secangkir kopi setiap harinya. Minum kopi di pagi hari dipercaya bisa membangkitkan semangat untuk menjalani aktivitas sehari hari.

Selain itu, kopi juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Tetapi untuk beberapa orang, minum kopi di pagi hari bisa menyebabkan masalah tertentu seperti perut mulas dan lain lain. Penelitan menunjukkan bahwa 29% dari partisipan pasti merasa mulas dan ke kamar kecil 10 menit setelah minum kopi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan perut mulas setelah meminum kopi. Kopi terbukti mampu menstimulasi hormon yang membantu mendorong makanan melalui usus. Hormon gastrin akan meningkat ketika mengkonsumsi kopi, hal ini menyebabkan usus besar akan lebih aktif.

Studi menemukan bahwa minum kopi biasa bisa meningkatkan kadar gastrin hingga 2,3 kali dibandingkan dengan air putih. Hal ini menyebabkan mulas setelah minum kopi terjadi. Kopi mengandung kafein yang tunggi yang merupakan stimulan alami untuk membantu kita tetap waspada dan fokus.

Satu cangkir kopi mengandung sekitar 95mg kafein, dimana kafein bisa mendorong energi dalam tubuh. Selain itu, kafein juga dapat merangsang dorongan untuk buang air besar karena dapat mengaktifkan kontraksi di usus besar. Biasanya orang orang mengonsumsi kopi dengan menambahkan krim dan susu, hal ini bisa meningkatkan gerakan usus karena mengandung laktosa.

Untuk orang yang tidak bisa mencerna laktosa, konsumsi laktosa akan menimbulkan gejala seperti kembung, kram perut, dan diare. Hal ini menunjukkan bahwa laktosa memang bisa memicu dorongan untuk buang air besar. Wanita akan lebih rentan dengan gejala ini karena kondisi pencernaanya.

Seperti irritable bowel syndrome (IBS) yang sering terjadi pada wanita daripada pria. Jadi, dorongan buang air besar tidak berlaku untuk semua orang, tergantung dari rasa mulas yang ditimbulkan itu karena kopi atau hal lain. Minumkopidi pagi hari sebagai teman sarapan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti melancarkanpencernaandan baik untukjantung.

Kopi merupakan minuman yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Kopi menjadi pilihan untuk menambah semangat karena kandungankafeinyang bisa memperbaiki mood . Berbagai jeniskopibisa menjadi pilihan untuk penikmatkopi, mulai darikopitubruk hinggakopiyang diproses dengan mesin.

Banyak juga yang menikmatikopidi sela sela aktivitas yang padat, untuk menambah semangat. Beberapa orang juga menikmatikopisebagai teman sarapan di pagi hari. Kopi yang dinikmati sebagai teman sarapan merupakan kebiasaan yang nikmat dan menyehatkan.

Mengawali hari dengan secangkirkopiselain bisa menambah semangat, ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat minum kopi sebagai teman sarapan pagi. Kopi kaya akan kandunganantioksidanyang diperlukan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Antioksidan dalamkopimampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit yang berbahaya sepertikanker,jantungdanstroke. Meminum secangkir kopi di pagi hari akan mencukupi kebutuhan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas selama beraktivitas. Minumkopisebagai teman sarapan ternyata bermanfaat untuk memperlancar metabolisme tubuh.

Kafein dalamkopimampu meningkatkan metabolisme tubuh karena menghasilkan energi yang akan membuat prosespencernaandan pembakaran menjadi cepat. Selain itu, minumkopisebagai teman sarapan jug abisa membantu menurunkan berat badan. Kopi mengandung asam klorogenik yang mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dan mengurai lemak yang membuat nafsu makan menjadi berkurang.

Minumkopisebagai teman sarapan bisa meningkatkan energi dan fokus. Kandungankafeindalamkopibisa meningkatkan adrenalin sehingga membuat tubuh berenergi dan bersemangat. Selain itu,kafeinjuga membangunkan sel sel dalam otak agar lebih fokus.

Kafein juga mampu meredakan rasa pusing saat bangun tidur, sehingga tubuh bisa lebih rileks dan meningkatkan mood sebelum beraktivitas. Jika kamu memiliki masalahpencernaandi pagi hari, cobalah minumkopiuntuk mengatasinya. Menurut penelitian,kopibisa meningkatkan kinerja organpencernaandan menjaga sistempencernaan.

Kopi bisa menstimulasi cairan dalam lambung sehingga bisa mempengaruhi sistem penyerapan nutrisi dalam pencernaan. Menurut penelitian yang dilakukan John Hopkins Universiy, Minumkopibisa menurunkan risiko penyumbatan arteri yang bisa menyebabkan seranganjantung. Hal ini disebabkan karenakopimengandungantioksidanyang tinggi yang mampu menurunkan pengendapan kalsium di arteri koronerjantung,

Selain itu,kafeinjuga bisa membantu protein untuk mengatur sel seljantungbekerja lebih baik.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Dokter Spesialis Paru justru Sebut Tak Efektif Ini Penjelasannya Pakai Masker buat Cegah Corona

Pada Senin (2/3/2020), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *