Home / Pendidikan / Ikut Les Gambar! Ini Tahapan Kemampuan Anak Usia Dini Menggambar
Ikut Les Gambar! Ini Tahapan Kemampuan Anak Usia Dini Menggambar
Ikut Les Gambar! Ini Tahapan Kemampuan Anak Usia Dini Menggambar

Ikut Les Gambar! Ini Tahapan Kemampuan Anak Usia Dini Menggambar

Sebuah kemampuan visual spasial pada anak itu diartikan sebagai sebuah kemampuan seorang anak untuk bisa menuangkan atau memvisualisasikan apa yang ada dalam pikirannya. Visualisasi fantasi ataupun imajinasinya dalam bentuk gambar, desain, grafis, ataupun lukisan. Apabila anak sudah punya hobi seperti ini maka tidak ada salahnya jika Anda sebagai orangtua memberi sarana untuk anak lewat les anak khusus menggambar.

Anak yang telah memiliki kemampuan visio-spatial yang baik merupakan anak yang memiliki daya kreativitas yang tinggi. Hal ini karena mereka mampu untuk memahami berbagai konsep warna, komposisi, desain, dan juga seni. Akan tetapi, banyak dari orangtua yang tidak begitu menyadari bahwa sebuah kemampuan visual-spasial anak itu berbeda-beda sesuai dengan usianya masing-masing.

Berikut ini ada beberapa tahapan kemampuan anak usia dini dalam hal menuangkan gambar menurut seorang pakar pengasuhan Jarot Wijanarko :

Usia 1-1,5 tahun

Pada usia ini anak belum mampu untuk menggambar namun sudah mampu untuk melakukan aktivitas corat-coret. Coretannya tidak dimaksudkan menjadi sesuai bentuk yang khusus. Anak pada usia ini menikmati bahwa tangannya atau motorik bisa digerakan sesuai kehendaknya atau sensorik.

Biasanya kalau di tempat les gambar maka anak pada usia ini dibiarkan anak melakukan corat-coret. Hal ini karena hal tersebut bisa menjadi terapi dalam hal melakukan sinkronisasi dari motorik dan sensorik ini.

Usia 2-2,5 tahun

Aktivitas menggambar pada usia ini masih belum terarah untuk bisa membentuk sesuatu. Jika Anda menanyakan itu gambar apa, maka anak akan melihat gambarnya dan akan menjelaskan tentang gambar tersebut. Jika keesokan harinya Anda kembali menanyakan pertanyaan sama untuk gambar yang sama, maka jangan heran jika anak menjawab berbeda.

Usia 2,5-3 tahun

Pada usia ini anak mulai mengatakan sebelum menggambar, bahwa anak akan membuat sesuatu. Tetapi kadang anak sering berubah di tengah menggambar dan juga mengubah gambarnya menjadi gambar yang lain.

Usia 3-3,5 tahun

Di tempat les anak khusus menggambar anak usia ini mulai bisa menggambar bentuk dasar. Seperti halnya lingkaran, kota, silang, garis dan juga titik yang sudah dikombinasikan dengan beragam cara.

Usia 3,5-4 tahun

Pada usia ini anak senang menggambar menggunakan bentuk dasar, khususnya lingkaran. Anak mulai memasang garis pada lingkaran tadi yang seolah-olah tangan, kaki ataupun matahari.

Usia 4-5 tahun

Disini anak mulai senang berkreasi dan mulai akan memberikan details pada obyek. Misalnya, tangan yang digambar bukan lagi sebuah garis lurus, tetapi sudah memiliki jari jemari.

Usia 5-6 tahun

Pada usia ini biasanya di tempat les anak khusus menggambar maka anak mulai bisa memahami dan juga menuangkan pada simbol-simbol. Bisa juga menggambar secara ’rata’, contohnya ada 4 anak yang duduk di sekitar meja, maka semua muka dan juga badannya mengarah ke depan.

Usia ini anak-anak memang paling senang untuk menggambar. Anak-anak juga bisa membuat apa saja yang ingin dibuat. Beberapa anak akan mulai menggambar secara natural dan beberapa yang lainnya masih mengalami kesulitan.

Pada usia dini, maka orang tua sebaiknya menggunakan model ’kartun’ supaya anak tidak merasa bahwa menggambar itu hal yang sangat sulit. Hal seperti ini sudah diterapkan di tempat les gambar khusus anak-anak. Dengan demikian, latihan dalam mewarna dan juga menggambar secara rutin bisa membuat anak untuk bisa semakin mengembangkan kecerdasan spasialnya. Jadi anak bisa mengembangkan bakat, potensi dan hobi yang dimilikinya sejak anak usia dini

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Kembangkan Penelitian Kesehatan Kalbe Farma Beri Anugerah Karya Cipta kepada 10 Dokter

Untuk mengembangkan penelitian kesehatan khususnya bagi dokter di Indonesia, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) bersama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *