Home / Kesehatan / Asap Rokok Bisa Bikin Anak Kena Infeksi Paru-paru

Asap Rokok Bisa Bikin Anak Kena Infeksi Paru-paru

Asap rokok, baik rokok konvensional maupun rokok elektrik atau vape, bisa menyebabkan anak mengalami pneumonia atau infeksi pada paru paru. Dr. Mayung Sambo Sp. A (K), Sektetaris Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan alasannya karena kandungan berbahaya yang terdapat pada asap rokok. “Betul (bisa kena pneumonia), jadi asap rokok mengandung berbagai iritan, iritan itu zat zat yang bisa menimbulkan masalah terhadap saluran pernapasan,” kata dr. Mayung saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2020).

Karena kondisi tubuh anak anak yang kecil, diameter saluran pernapasannya pun masih kecil,jadi lebih mudah berdampak pada kesehatan pernapasan. “Padahal udara yang dihirup kualitasnya sama seperti orang dewasa tapi dampaknya bisa beberapa kali lebih buruk dibandingkan orang dewasa,” ucap dr. Mayung. Beberapa zat berbahaya pada asap rokok di antaranya nikotin, zat karsinogen, dan sifat toxic iritatif, dengan mudah menimbulkan iritasi pada tubuh. Terutama anak.

Saat menghirup asap dan kondisi tubuh anak sedang tidak stabil karena ada virus dan alergi tentunya kondisi anak akan semakin berbahaya. “Dengan demikian karena sifat rokok ada iritasi saluran nafas jadi rentan terserang infeksi,” pungkas dr. Mayung.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Dokter Spesialis Paru justru Sebut Tak Efektif Ini Penjelasannya Pakai Masker buat Cegah Corona

Pada Senin (2/3/2020), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *