Home / Lifestyle / 8 Cara Bangun Pagi Tanpa Rasa Kantuk Mulai dari Kurangi Alarm hingga Sarapan

8 Cara Bangun Pagi Tanpa Rasa Kantuk Mulai dari Kurangi Alarm hingga Sarapan

Seperti yang bisa dibuktikan siapa pun, paling mudah untuk bangun pagi ialah setelah tidur nyenyak. Keinginan untuk kembali tidur (yang disebut inersia tidur) akan sangat berkurang jika kamu cukup istirahat. Orang dewasa rata rata membutuhkan delapan jam tidur, tetapi jumlah yang dibutuhkan setiap orang dapat bervariasi.

Mengikuti pedoman atau aturan tidur yang baik sangat bermanfaat untuk mendapatkan waktu istirahat berkualitas dan bangun dengan badan yang segar. Jutaan dari kita memulai hari kita dengan minuman berkafein dan ini memang cara yang bagus untuk bangun. Baik menikmatina sebagai kopi, teh, cokelat panas, soda pop, atau bahkan minuman berenergi, satu sentakan kafein dapat memiliki sifat waspada yang berguna.

Kafein menghambat adenosin kimia yang membuat kita mengantuk. Meskipun mungkin ada beberapa efek buruk dari penggunaan kafein. Karena waktu paruh yang singkat, sebagian besar dampak akan memudar dalam waktu 5 hingga 6 jam.

Bahkan dari tahap tidur yang paling dalam, jam alarm akan menarik kamu kembali ke kesadaran. Lebih baik tidak menggunakan jam alarm untuk membangunkanmu di pagi hari. Bagi banyak orang, jam alarm menyebabkan kurang tidur.

Namun, karena sebagian besar dari kita memiliki kewajiban di pagi hari (dan kita mungkin tidak bangun tepat waktu) jam alarm menjadi bagian penting dari rutinitas harian kita. Walaupun itu bisa sulit tergantung pada waktu dan lokasimu berada, paparan cahaya matahari pagi dapat memiliki efek menguntungkan untuk membuat tubuh terjaga. Tubuh kita mengikuti ritme alami dan cahaya memiliki efek paling kuat pada jam biologis ini .

Yang terbaik adalah menikmati cahaya tidak langsung daripada menatap langsung ke matahari. Penggunaan kotak cahaya dan fototerapi dapat meniru efek yang menguntungkan ini. Tubuh kita lebih suka mengikuti pola teratur dan perilaku kita dapat memperkuat ritme alami ini.

Dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari kita dapat memperkuat keinginan kita untuk tidur. Bagi mereka dengan gangguan tidur ritme sirkadian, hal ini bisa lebih sulit. Namun, jika kamu bangun pada waktu yang sama setiap hari termasuk akhir pekan ini akan lebih mudah dilakukan.

Jika kamu menderita salah satu dari berbagai gangguan tidur, ini dapat memengaruhi kemampuan untuk bangun di pagi hari. Ini dapat terjadi jika kamu memiliki rasa kantuk berlebihan dari malam yang gelisah seperti dapat terjadi dengan insomnia atau sleep apnea. Atau, jika kamu memiliki gangguan tidur ritme sirkadian seperti sindrom fase tidur tertunda, mungkin ada keinginan untuk tidur larut malam.

Dengan mencari evaluasi dan pengobatan yang tepat dari gangguan tidur, kamu mungkin menemukan cara lebih mudah untuk bangun di pagi hari. Salah satu yang dapat membantu tidur nyenyak dan bangun di pagi hari ialah kegiatan fisik seperti olahraga. Menjadwalkan olahraga singkat setelah bangun pagi akan mengingatkan tubuh dan pikiran.

Cobalah untuk keluar dan mencari udara segar. Kamu akan merasa lebih baik sepanjang hari dan bahkan bisa tidur lebih nyenyak di malam hari. Sepertinya nasihat sederhana, tetapi sarapan adalah cara yang bagus untuk membangunkan dirimu.

Bahkan sarapan ringan dapat memberi energi untuk memulai hari. Jika kamu memasukkan satu porsi kafein, kamu mungkin mendapat manfaat lebih dari sarapan pagi. Cara terbaik untuk bangun di pagi hari mungkin yang paling sulit: biarkan dirimu bangun sendiri.

Ini membutuhkan istirahat malam yang memadai (tanpa kurang tidur). Idealnya, kita akan mencari tahu berapa banyak tidur yang kita butuhkan dan mengatur jadwal kita untuk memungkinkan ini secara teratur setiap malam. Ini mungkin memerlukan banyak waktu yang mungkin tidak dimiliki oleh banyak dari kita.

Namun, yang terbaik adalah kamu dapat mengatur untuk mencapainya.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Ramalan Zodiak Besok Selasa 17 September 2019 Sagitarius Beruntung, Scorpio Bad Mood, Aries Tenang

Berikut ZODIAK BESOK Ramalan Zodiak Selasa 17 September 2019, Virgo Boros, Taurus Santai, Libra Bahagia. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *