Home / Kesehatan / 6 Referensi Obat Kutu Anjing Terbaik di Pasaran
6 Referensi Obat Kutu Anjing Terbaik di Pasaran
6 Referensi Obat Kutu Anjing Terbaik di Pasaran

6 Referensi Obat Kutu Anjing Terbaik di Pasaran

Anjing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dijadikan peliharaan. Perilaku anjing yang lucu membuat hewan ini memiliki tempat tersendiri bagi pencintanya. Bahkan tak jarang para pemilik tidur bersama anjing mereka. Namun, ada satu momok tersendiri bagi para pemilik anjing, yaitu kutu yang hidup di badan hewan tersebut. Anjing maupun hewan peliharaan lainnya akan terganggu dengan adanya di badan mereka. Jika dibiarkan, kutu akan semakin bertambah jumlahnya. Hal itu sangat merepotkan bagi para pemilik anjing. Tak jarang, mereka mencari referensi obat kutu anjing terbaik untuk hewan peliharaannya.

Pada manusia, kutu biasanya berkembang biak pada rambut yang jarang dikeramas. Rambut yang kotor menjadi tempat yang baik bagi kehidupan parasit tersebut. Begitu juga dengan hewan peliharaan seperti anjing. Meski Anda rajin memandikannya, tetapi tidak menutup kemungkinan anjing tersebut bebas dari kutu.

Kutu yang dibiarkan begitu saja akan berkembang biak dengan cepat. Oleh karena itu, anjing yang terlanjur diserang parasit tersebut harus segera diberi obat. Obat pembasmi kutu sendiri bisa didapatkan di rumah sakit maupun di pasaran.

Jika Anda memilih untuk membeli obat kutu yang di jual di pasaran, Anda harus memastikan obat kutu yang cocok untuk anjing Anda sebelum membelinya. Obat yang tidak sesuai akan memberikan efek samping kepada anjing, bahkan dapat mengganggu kesehatannya. Oleh karena itu, teliti sebelum membeli dan mencari referensi obat kutu anjing sangat dianjurkan.

Perhatikan 3 hal berikut sebelum membeli obat kutu anjing.

Pilih produk yang sesuai dengan jenis dan bobot anjing

Berdasarkan bobotnya, anjing dibagi atas 3 jenis; anjing kecil, anjing sedang, dan anjing besar. Obat yang tersedia di pasaran juga disesuaikan dengan jenis dan bobot hewan. Hal itu digunakan agar dapat menentukan dosis yang sesuai.

Pada hewan peliharaan yang memiliki kulit sensitif, gunakanlah obat telan

Tak hanya pada manusia atau pun hewan peliharaan lainnya, sebagian besar anjing juga memiliki kulit sensitif. Obat tetes maupun spray tidak cocok bagi anjing seperti itu. Anjing berkulit sensitif sangat disarankan untuk mengonsumsi obat sejenis tablet.

Pilih produk rekomendasi rumah sakit untuk mencari obat kutu yang terjamin kualitasnya

Jika Anda ragu, atau pun sudah mencoba beberapa jenis obat pembasmi kutu anjing dan hasilnya selalu tidak memuaskan, maka lebih baik meminta rekomendasi dari dokter hewan terkait parasit di tubuh anjing peliharaan Anda.

Setelah memperhatikan 3 hal di atas, maka Anda dapat memilih obat kutu anjing yang sesuai dengan anjing Anda. Berikut referensi obat kutu anjing yang terbaik :

Detick obat kutu tetes

Detick merupakan obat kutu yang paling laris di pasaran. Harganya terjangkau serta mudah ditemukan di toko persediaan hewan peliharaan. Tak hanya untuk anjing, obat ini juga cocok untuk kucing.

Detick bermanfaat untuk mencegah dan mengobati kutu pada anjing dan kucing. Selain itu, obat tetes ini juga mampu mencegah dan mengontrol kemerahan pada kulit hewan yang terkena gigitan kutu. Cukup teteskan Detick pada kulit anjing maupun kucing Anda. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa bobot hewan peliharaan Anda tidak lebih dari 10 kg.

Boehringer Ingelheim Frontline Spray for Dogs

Frontline spray dapat digunakan pada anak anjing yang masih berusia 2 hari. Frekuensi penggunaan obat ini menentukan hasil yang berbeda. Jika digunakan 3 minggu sekali, Frontline spray dapat membasmi Paralysis Tick. Namun, jika hanya digunakan 4-8 minggu sekali, obat ini hanya mampu membasmi kutu dewasa. Penggunaan rutin setiap bulan dapat mengurangi rasa gatal di badan anjing.

Boehringer Ingelheim Frontline Plus for Dogs

Referensi obat kutu anjing berikutnya yaitu Frontline Plus for Dogs mengandung fipronil dan methoprene. Fipronil berfungsi untuk membunuh kutu dewasa, sedangkan methoprene berfungsi untuk membunuh larva dan telurnya. Penggunaan selama sebulan penuh dapat membunuh siklus kehidupan kutu di tubuh anjing.

Frontline Plus for Dogs hanya pada anjing dengan bobot 20-40 kg. Teteskan obat ini ke bagian tengkuk setelah menyibak bulunya, agar mengenai bagian kulit.

Revolution Selamectin for Puppies and Kitten

Revolution Selamectin for Puppies and Kitten tak hanya dapat digunakan pada anjing, tetapi juga pada kucing. Perlu diperhatikan bahwa obat ini disarankan untuk anak anjing maupun kucing dengan bobot tidak lebih dari 2,5 kg. Produk ini juga mampu membasmi cacing hati dan tungau telinga.

Bayer Advocate

Produk ini mengandung tiga bahan utama, yaitu selamectin, moxidectin, dan imidacloprid. Kandungan tersebut membuat produk ini dipercaya oleh dokter untuk membasmi dan mencegah kutu serta scabies datang lagi. Tak hanya mengobati dari luar, Bayer Advocate juga membunuh parasit di dalam tubuh anjing. Obat kutu ini memiliki varian berdasarkan bobot hewan peliharaan.

Boehringer Ingelheim NexGard (Afoxolaner) Chewables

Tak hanya obat tetes, produk pembasmi kutu juga tersedia di pasaran dalam bentuk tablet yang dapat dikunyah oleh anjing. Produk ini digunakan pada anjing yang berumur 2 minggu dengan bobot minimal 2 kg. Obat ini aman dikonsumsi bersamaan dengan obat lain jika anjing sedang sakit.

Demikian referensi obat kutu anjing terbaik yang dijual di pasaran. Namun, perlu diperhatikan bahwa obat kutu anjing sama halnya dengan obat lainnya, memiliki efek samping pemakaian. Maka gunakanlah obat sesuai dosis dan anjuran yang disarankan. Segera hubungi dokter hewan jika terjadi efek samping berkelanjutan.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Produk Kesehatan yang Terbuat dari Ekstrak Teripang Emas Jawaban Atasi Masalah Kesehatan

Tingginya angka penyakit tidak menular yang saat ini mencapai sekitar 70 persen penyebab kematian terbanyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *