Home / Bisnis / 200 Stasiun Pengisian Listrik Umum akan Beroperasi Tahun Depan

200 Stasiun Pengisian Listrik Umum akan Beroperasi Tahun Depan

Executive Vice President (EVP) Pengembangan Produk Departemen Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero), Julita Indah mengtakan, PLN akan menambah 200 titik Stasiun Pengisian Listrik Umum ( SPLU) dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 10 kota pada 2020. Target tersebut melonjak tinggi sebab pada 2019, PLN hanya menargetkan SPLU di 20 titik yang berada di 10 kota. "Karena kita sesuaikan dengan pasarnya," katanya, Jumat (13/12/2019). Di Jakarta, terdapat beberapa titik SPLU. Diantaranya di Mal Senayan City, Plaza Senayan, juga di Kantor Cabang PLN terletak di Gambir.

Nantinya akan diperluas titik pos pengisian daya listriknya di Summarecon Bekasi dan Tangerang. Untuk tahun ini, PLN kemungkinan menambah SPLU dan SPKLU di Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bali. Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan. "Sekarang sedang dipasang, yang sudah ada lima dan akan kami pasang 15 lagi," ucapnya.

Nilai investasi untuk SPLU disebutkan, berkisar Rp 300 400 juta. Sedangkan, SPKLU atau pengisian dengan daya cepat mencapai Rp 1 miliar. Sebelumnya, General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Ikhsan Asaad, menjelaskan stasiun pengisian listrik yang ada sekarang ini kebanyakan adalah SPLU. Jumlahnya mencapai lebih dari 7.000 unit dan 1.922 di antaranya ada di Jakarta. SPLU itu memiliki dayanya sebesar 5,5 22 kVA.

Fungsinya juga lebih banyak, bisa untuk pedagang kaki lima, dan lainnya. Lokasinya bisa di pedagang kaki lima, pasar, fasilitas umum, dan lainnya. Untuk SPKLU, dayanya 22 150 kW dan ditujukan khusus untuk kendaraan listrik. SPKLU ini bisa ditemukan di mal, parkiran, kantor kantor PLN, kantor pemerintah, dan lainnya.

About Admin

Avatar
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Check Also

Harga dari Rp 5 Jutaan Harga Sepeda Tandem Polygon & Spesifikasinya

Pabrikan sepeda ternama seperti Polygon menyediakan produk sepeda tandem dengan harga mulai Rp 5 jutaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *